Ulasan

Glasgow City telah menjadi kekuatan dominan Skotlandia selama lebih dari satu dekade, memenangkan 13 gelar liga berturut-turut. Namun, hegemoni mereka akan dipertanyakan oleh fakta bahwa Rangers dan Celtic telah menginvestasikan lebih banyak sumber daya di tim wanita mereka – kedua klub telah memutuskan untuk menjadi profesional penuh tahun ini. Glasgow City kehilangan bek kiri Nicola Docherty dengan gelandang Sam Kerr (bukan yang itu!) Dan striker Kirsty Howat yang bergabung dengan Rangers pada 2021.

Glasgow City telah menciptakan talenta luar biasa seperti Lisa Evans dari Arsenal, Erin Cuthbert dari Chelsea, dan striker Manchester United Jane Ross. Mereka akan menjadi simpanan besar di Spanyol, dan membatasi Wolfsburg pada kemenangan tipis di perempat final akan baik-baik saja. Glasgow adalah satu-satunya tim yang bermain paruh waktu dalam kompetisi tersebut.

Tugas mereka diperumit oleh fakta bahwa Liga Premier Skotlandia berlangsung dari Februari hingga November, yang berarti hanya ada satu pertandingan ketika liga dihentikan karena pandemi virus corona. Glasgow dapat menutupi biaya partisipasi di Spanyol hanya berkat sumbangan pribadi dari filantropis lokal James Anderson.

Glasgow City biasanya memainkan formasi 4-3-3, dengan Hayley Lauder menghadap ke depan di kanan dan Howat di kiri keduanya dari Irlandia Internasional Clare Shine. Mereka memiliki banyak pengalaman pada bek berusia 39 tahun, Leanne Ross, dan gelandang berusia 33 tahun, Leanne Crichton, di tulang punggung tim.

Pemain mana yang direkrut klub musim panas ini dan siapa yang mendapat keuntungan dari perempat final?

Glasgow telah menambahkan striker Amerika Krystyn Fred dengan status pinjaman dari juara Siprus Apollon untuk memperkuat tim mereka di Spanyol – Fred telah mencetak 245 gol hebat dalam tiga musim di Siprus. Dengan kepergian Docherty, mereka melaporkan bintang berdarah Amerika berusia 30 tahun Zaneta Wyne, yang menghabiskan musim bersama Sunderland di WSL, di sisi Norwegia di Klepp IL. Namun, tembakan paling terkenal mereka adalah kapten Afrika Selatan dan bek Janine van Wyk dari Fortuna Hjørring.

Kepala pelatih

Scott Booth paling mengingat striker tujuh tahun di Aberdeen sebelum pertarungan dua tahun di Borussia Dortmund – dia adalah anggota skuad Skotlandia Euro 96 dan 1998 di Piala Dunia. Booth memulai karir kepelatihannya dengan tim Skotlandia di bawah 15 dan di bawah 16 tahun sebelum menghabiskan satu tahun sebagai manajer Stenhousemuir dari 2014 hingga 2015. Dia bergabung dengan Glasgow City pada musim panas 2015. Munculnya Celtics dan Rangers sebagai klub profesional akan memberinya ujian manajerial pertama yang ketat di negara ini.

Lauren Wade, Jenna Clark, Leanne Ross, dan Hayley Sinclair dari Glasgow City berpose saat mengambil gambar potret di Liga Champions Wanita pada bulan Februari.



Lauren Wade, Jenna Clark, Leanne Ross dan Hayley Sinclair dari Kota Glasgow Foto: Patrick Elmont / Uefa / Getty Images

Pemain bintang

Ross, yang berusia 39 tahun pada bulan Juli, adalah satu-satunya anggota departemen Kota Glasgow yang bermain dalam 13 musim berturut-turut dalam meraih gelar. Dengan 133 poin untuk Skotlandia, Ross memiliki banyak pengalaman dan telah bermain di hampir setiap posisi menyerang, mencetak lebih dari 250 gol untuk klubnya dalam prosesnya – meski jarang bermain untuk striker. Hari ini, dia sering bermain di babak tengah, dan pengirimannya dari bola mati selalu luar biasa.

Tahukah kamu?

Penjaga gawang Lee Alexander mengalami salah satu hal menarik dari Piala Dunia musim panas lalu, ketika dia menyelamatkan penalti penghentian di babak grup melawan Argentina untuk menyelamatkan keunggulan 3-2 dari Skotlandia. Penghematan akan menjamin Skotlandia melaju ke babak sistem gugur; namun, VAR memerintahkan penangkapan ulang karena interpretasi yang kasar dari aturan pelanggaran ringan. Argentina mencetak gol dan Skotlandia keluar.

Pemain mana yang bisa mengejutkan semua orang di Spanyol?

Dengan 170 caps untuk Afrika Selatan, Van Wyk yang berusia 33 tahun bukanlah jumlah yang tidak diketahui, tetapi ini akan menjadi debutnya di Liga Champions yang telah menghabiskan sebagian besar karirnya di negara asalnya Afrika Selatan. Menyatukan pertahanan melawan serangan oleh Pernilla Harder dan rekan-rekannya akan menjadi salah satu tantangan terberat dalam karirnya.

Janine van Wyk dari Afrika Selatan memblokir rekaman Line Magull Jerman selama pertandingan Piala Dunia mereka pada Juni tahun lalu.



Janine van Wyk dari Afrika Selatan memblokir rekaman Line Magull Jerman selama pertandingan Piala Dunia mereka pada Juni tahun lalu. Foto: Tim Clayton / Corbis / Getty Images

Apa tujuan realistis Glasgow City di WCL?

Mereka memiliki peluang yang sangat kecil untuk melaju ke perempat final, hanya ukuran kekalahan dari Wolfsburg yang dipertanyakan. Secara pribadi, Glasgow mungkin menganggapnya sebagai pencapaian untuk membatasi Jerman pada kemenangan dua gol.

Silsilah Eropa

Ini adalah penampilan perempat final kedua Kota Glasgow, penampilan terbaik mereka sejauh ini dalam kompetisi. Pada 2015, pasangan Saint Saint-Germain mengalahkan mereka 7-0.