Ulasan

Ketika liga Spanyol diganggu oleh krisis virus corona pada pertengahan Maret, Barcelona menjalani musim terbaik yang pernah ada. Tim memenangkan 19 dari 21 pertandingan, serta Piala Super, dan melaju ke semifinal Copa de la Reina dan perempat final WCL. Setelah musim resmi dibatalkan, Barcelona dianugerahi gelar liga, yang pertama sejak 2015.

Lalu apa yang membuat Barcelona akhirnya berhasil tahun ini? Nah, pelatih Lluís Cortés berhasil menyatukan tim, menciptakan kohesi yang kurang di tahun-tahun sebelumnya. Barcelona versi ini masih suka mengontrol permainan dan menjaga penguasaan bola, namun dominasinya datang dari kebersamaan dan kerja keras kelompok. Di bawah Cortés, tim mempertahankan formasi 4-3-3 yang khas, tetapi menambahkan lapisan kebebasan ekstra sehingga pemain dapat mengekspresikan diri.

Musim panas ini, klub fokus pada mempertahankan kelompok pemain saat ini yang mencapai hasil luar biasa sepanjang musim. “Tim sedang dalam kondisi yang sangat bagus, baik secara fisik, teknis dan taktik. Keuntungannya adalah kami tetap menjaga inti tim dan kami siap bekerja keras dan memberikan yang terbaik selama pramusim, jadi kami akan berada dalam kondisi terbaik dalam sebulan,” kata Cortés sebelum pramusim dimulai bulan lalu.

Saat ini, perhatian utama Barcelona adalah apakah Marta Torrejón, pilihan pertama tim dari kanan, dan Ana Maria Crnogorčević, penggantinya yang alami, akan pulih dari cedera yang mereka derita selama musim lalu, datang ke pertandingan Spanyol dengan Atlético Madrid pada hari Jumat. Jika tidak, pemain Barcelona Jana Fernández, 18, akan diminta melakukan debutnya di Eropa.

Pemain mana yang mereka rekrut musim panas ini dan siapa yang bisa mendapatkan keuntungan dari perempat final?

Belum ada perubahan besar di Barcelona musim panas ini, yang mungkin tidak terlalu mengejutkan mengingat kesuksesan musim 2019-20 mereka. Klub fokus untuk mempertahankan tim dengan memperpanjang kontrak, serta memberikan tawaran profesional pertama kepada pemain Barcelona Jan Fernández dan Bruno Vilamal yang menjanjikan.

Wajah baru utama musim panas ini adalah Giovana Queiroz, seorang striker Brasil berusia 17 tahun dari CFF Madrid dengan kecepatan dan kemampuan teknis yang mengesankan. Barcelona juga memiliki penjaga gawang Cata Coll yang mereka miliki setelah obrolan pinjaman dengan Sevilla tahun lalu.

Wajah baru: Giovana Queiroz (kiri) adalah striker remaja yang menarik, sementara penjaga gawang Cata Coll telah kembali dari masa pinjaman di Sevilla.



Wajah baru: Giovana Queiroz (kiri) adalah striker remaja yang menarik, sementara penjaga gawang Cata Coll kembali dari masa pinjaman di Sevilla. Komposit: Gambar Getty

Kepala pelatih

Lluís Cortés memiliki pengalaman luas dalam sepak bola wanita sebelum bergabung dengan Barcelona. Dia menjadi pelatih kepala tim pada 2019 setelah kepergian Fran Sánchez, dan sejak itu memenangkan 46 dari 53 pertandingan yang dimainkan tim. Fokus utama Cortés adalah mendapatkan yang terbaik dari setiap pemain sehingga mereka dapat menyesuaikan dengan keseluruhan rencana taktis, yang merupakan kode yang akhirnya berhasil dipecahkan musim ini dan dia berharap akan bertahan selama musim depan. “Sejak hari pertama, tujuannya adalah untuk mempertahankan inti yang bekerja sangat keras bagi kami. Itu adalah kelompok orang yang luar biasa, “kata Cortés selama pramusim.

Pemain bintang

Jenni Hermoso adalah pencetak gol terbanyak liga dengan 23 gol dan seorang pemenang. Biasanya seorang gelandang serang atau sembilan palsu, Hermoso memainkan yang terbaik yang dia bisa untuk memberinya kebebasan untuk mengembara dan menciptakan peluang di antara garis-garis oposisi. Dia memenangkan gelar pertamanya, Rayo Vallecano, dan bermain untuk Tyresö FC di Swedia setahun sebelum menandatangani kontrak dengan Barcelona pada 2013. Dia meninggalkan Catalonia pada 2017 tetapi kembali pada 2019, setelah dua tahun bertugas di PSG dan Atlético Madrid.

Jenni Hermoso mencetak 23 gol liga musim lalu dan menghabiskan musim bermain untuk lawannya pada hari Jumat, Atlético Madrid.



Jenni Hermoso mencetak 23 gol liga musim lalu dan menghabiskan musim bermain untuk lawannya pada hari Jumat, Atlético Madrid. Foto: NurPhoto / Getty Images

Tahukah kamu?

Bek Spanyol Mapi León dikenal karena banyak tatonya, tetapi dia juga seniman berbakat. Dia telah mendesain banyak tatonya sendiri dan sering diminta untuk mendesain tatonya juga. Mapi suka menggambar dan berencana mengubah kecintaannya pada tato menjadi karier sebagai seniman tato saat dia pensiun.

Maria Leon dari Barcelona.



Maria Leon dari Barcelona. Foto: Michael Regan – UEFA / UEFA / Getty Images

Pemain mana yang bisa mengejutkan semua orang di Spanyol?

Beberapa bulan lalu, Jana Fernández, yang melakukan debutnya di Liga Champions musim panas ini, sepertinya tidak mungkin, tetapi cedera Marta Torrejón dan Ana Marija Crnogorčević baru-baru ini dapat memaksa Cortés untuk melihat tim B dan mencari pengganti di bek kanan. Fernández adalah pemenang Piala Dunia, dan tim Spanyol U17 menjalani sistem pemuda Barcelona. Jika Torrejón dan Crnogorčević tidak tersedia melawan Atlético pada hari Jumat, semua mata akan tertuju padanya.

Jana Fernández baru berusia 18 tahun, tetapi dia bisa melakukan debutnya di Eropa di sisi kanan jika Marta Torrejón atau Ana Maria Crnogorčević tidak mampu.



Jana Fernández baru berusia 18 tahun, tetapi dia bisa melakukan debutnya di Eropa di sisi kanan jika Marta Torrejón atau Ana Maria Crnogorčević tidak mampu. Foto: Gambar olahraga berkualitas / gambar Getty

Apa gol realistis Barcelona di WCL?

Tim mungkin lebih siap dari sebelumnya, tetapi kurangnya perubahan personel Barcelona musim panas ini bisa menjadi kelemahan dan kekuatan. Pada hari Jumat, mereka akan menghadapi tim Atlético baru yang mengenal Barcelona dengan baik, tetapi terpaksa membatalkan pelatihan karena lima tes Covid-19 positif. Jika mereka menang, pertandingan melawan Wolfsburg yang berpengalaman akan menjadi ujian nyata bagi para pemain blaugranas, tapi mereka lebih siap untuk tahun ini. Jika beruntung, Barcelona harus berusaha mengulang prestasi tahun lalu dan melaju ke final.

Silsilah Eropa

Barcelona telah berpartisipasi di WCL sejak debut mereka di musim 2012-13, lolos ke perempat final untuk tahun kelima berturut-turut. Hasil terbaik mereka datang tahun lalu ketika mereka melaju ke final setelah mengalahkan Bayern Munich di semifinal. Mereka kalah 4-1 di final dari Lyon.