CEO Liga Premier Richard Masters telah menanggapi permintaan MP Chi Onwurah untuk kejelasan atas pengambilalihan Newcastle United di tengah rasa frustrasi yang meningkat di Tyneside.

Ini adalah pertama kalinya sebuah badan pemerintah secara terbuka mengomentari masalah tersebut, yang telah mencengkeram kota tersebut sejak berita besar, pendanaan Saudi dari PCP Capital Partners, diumumkan pada bulan April, diumumkan pada bulan April.

Dalam suratnya kepada Newcastle Central, Masters menulis: “Saya sangat menghargai bahwa masalah potensi perubahan dalam kepemilikan Klub Sepak Bola Newcastle United (NUFC) sangat penting bagi Anda, sebagai agen untuk daerah tersebut dan sebagai penggemar, seperti NUFC -seluruh basis penggemar ini, dan saya ingin menjawab pertanyaan yang Anda ajukan secara langsung. “

The Masters mengkonfirmasi bahwa setelah terhenti dalam ujian pemilik dan direktur liga, konsorsium Amanda Staveley, di mana Dana Investasi Publik Arab Saudi (PIF) berusaha untuk membeli 80 persen saham di klub, menolak tawaran arbitrase independen,

Dia menulis: “Pada bulan Juni, dewan Liga Premier memperjelas entitas mana yang akan percaya mereka akan memiliki kendali atas klub setelah akuisisi yang diusulkan, sesuai dengan aturan Liga Premier. Setelah itu, Liga Premier kemudian meminta informasi tambahan dari setiap orang atau entitas tersebut. yang kemudian akan digunakan untuk mempertimbangkan penilaian kemungkinan peristiwa penonaktifan.

“Dalam hal ini, konsorsium tidak setuju dengan keputusan Liga Premier bahwa satu entitas akan termasuk dalam kriteria yang diperlukan untuk memberikan informasi ini. Liga Premier mengakui perselisihan ini dan menawarkan konsorsium pilihan pengadilan arbitrase independen jika ingin menantang kesimpulan komite. memutuskan untuk tidak menerima tawaran tersebut, tetapi tidak memberikan informasi tambahan. Dia kemudian (atau terutama PIF) secara sukarela menarik diri dari proses tersebut. “

Komentar Masters datang setelah konsorsium menarik tawarannya untuk klub, yang sia-sia menunggu lampu hijau, meskipun pemilik saat ini Mike Ashley bersikeras dia tetap berkomitmen pada kesepakatan, 17 minggu setelah masalah tersebut pertama kali dipindahkan ke Liga Premier.

Kepala eksekutif liga juga menolak proposal bahwa klub saingan memveto perjanjian tersebut. Ujian pemilik dan direktur telah lulus dan sedang dilaksanakan sepenuhnya oleh Dewan Liga Inggris, katanya. Klub anggota lain tidak memiliki peran dalam proses persetujuan.